about Bekasi City.

Senin, 18 Januari 2016

Makam Pahlawan

Makam pahlawan bekasi
Makam Pahlawan Bulak Kapal yang terletak di Jl. Ir. H. Juanda (Bulak Kapal) Kota_Bekasi luasnya 8.350 meter persegi, dibangun sekitar tahun 1960an. Kurang ada data yang pasti tentang kapan tepatnya dibangunnya Taman Makam Pahlawan Bekasi.   


Namun menurut petugas penjaga dan Babinsa KODIM Bekasi mengatakan saat ini para pahlawan yang dimakamkan kurang lebih 200 orang pahlawan dan masih bisa menampung sekitar 100 pejuang Bekasi, rata-rata pahlawan yang disemayamkan ditaman makam pahlawan ini terdiri dari para pejuang Bekasi yang gugur dijaman perjuangan Bekasi mengusir para penjajah dari bumi Bekasi yang terdiri dari BKR ( Badan Keamanan Rakyat ), element pejuang yang tidak dikenal maupun para pejuang yang mendapatkan bintang tanda jasa dari pemerintah daerah.

Dan pada tanggal 15 agustus 1995, mendapatkan perhatian dari pemerintah Kabupaten sebelum pemekaran wilayah antara Kabupaten Bekasi dan Kota Bekasi untuk merenovasi bangunan dan makam para pejuang Bekasi yang pada saat itu pemerintahan Bekasi masih Kabupaten Bekasi dan diresmikan oleh Bupati Bekasi H. Moch. Djamhari. 

Taman Makam pahlawan Bekasi juga terdapat tugu Perjuangan berupa bangunan mirip bamboo runcing yang berbentuk segitaga menjulang tinggi keatas dan berjumlah 6 buah yang tinggi setiap bangunan berbeda-beda sebagai simbol perjuangan Bekasi dalam mengusir para penjajah dimuka Bumi Indonesia.

Sebagai masyarakat Bekasi kita harus sadar dan mengerti bahwa sebenarnya Bekasi juga sebenarnya kota perjuangan juga selain yang ada dikota – kota lainnya di Indonesia. Karena kegigihannya para pejuang Bekasi dalam mempertahankan harga diri Bekasi dan Bumi pertiwi Indonesia mendapatkan apresiasi dari seniman terkenal yaitu Chairil Anwar dengan puisinya yang sangat terkenal berjudul “ KARAWANG – BEKASI “. 


Kita sebagai generasi penerus wajib dan harus melanjutkan perjuangan yang pernah dicontohkan para pejuang Bekasi. Sebagai bentuk melanjutkan perjuangan bisa kita lakukan dengan berbagai cara seperti memberikan dukungan dan loyalitas yang penuh terhadap Bekasi demi kemajuan Bekasi dan memberikan hal yang sama terhadap Team sepakbola yang ada di Bekasi. (sumber:supporterbekasi.com)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

BekasiNetwork. Diberdayakan oleh Blogger.

Search

Blogger templates